Rabu, 26 Juni 2024

Pentingnya Kebersihan Lingkungan (IPS)

Kebersihan lingkungan adalah aspek yang sangat penting dan tak terpisahkan dalam kehidupan manusia karena perlu dipahami oleh setiap siswa baik itu siswa laki-laki maupun perempuan (dalam postingan artikel ini selanjutnya akan disebut sebagai siswa) dalam mata pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) dimulai dari SD (Sekolah Dasar) bahkan mata pelajaran lain sebelum SD – selanjutnya akan disebut sebagai SD saja. Memahami pentingnya kebersihan lingkungan tidak hanya berdampak positif pada kesehatan diri (masing-masing) dan lingkungan, tetapi juga mengajarkan siswa tentang tanggung jawab mereka dalam menjaga kebersihan tempat tinggal kita.
Menjaga kebersihan lingkungan sama artinya menciptakan lingkungan yang sehat, bebas dari kotoran, seperti debu, sampah dan berbagai bau yang tidak sedap. Dengan lingkungan yang sehat, kita tidak akan mudah terserang berbagai penyakit seperti demam berdarah (DBD), malaria, muntaber dan lainnya. Tidak hanya di bidang kesehatan, kebersihan lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan, keindahan dan keasrian lingkungan yang nantinya bermuara pada kedamaian lingkungan. Semua ini dapat kita raih dengan melakukan perbuatan kecil dan sederhana, mulai dari menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita.

Cara memahami pentingnya kebersihan lingkungan dalam mata pelajaran IPS di SD dapat dilakukan melalui beberapa langkah berikut:
  1. Belajar dari buku teks/buku sekolah baik itu buku sekolah cetak/buku sekolah digital/buku sekolah elektronik/buku paket pelajaran sekolah atau materi pembelajaran (selanjutnya dalam artikel ini akan disebut sebagai buku teks): Melalui pembelajaran di kelas, guru akan memberikan penjelasan mengenai sangat pentingnya kebersihan lingkungan. Buku teks juga akan mencantumkan informasi mengenai dampak buruk dari lingkungan yang tidak bersih atau kotor.
  2. Observasi langsung: Guru dapat membawa siswa ke lingkungan sekitar sekolah atau rumah untuk melakukan observasi tentang kebersihan lingkungan secara langsung. Dalam hal ini, siswa dapat melihat dampak positif yang dihasilkan dari lingkungan yang bersih dan dampak negatif akibat lingkungan yang tidak terjaga kebersihannya.
  3. Mengajarkan tentang daur ulang: Guru dapat memberikan penjelasan mengenai kegiatan daur ulang sampah kepada siswa. Dalam IPS, hal ini terkait dengan pengelolaan sampah yang baik dan penting dalam menjaga kebersihan lingkungan.
  4. Melakukan kegiatan yang mendukung kebersihan lingkungan: Guru dapat mengajak siswa untuk melakukan kegiatan membersihkan lingkungan sekitar sekolah atau rumah. Dengan melakukan kegiatan membersihkan lingkungan tersebut, siswa akan memahami secara langsung betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dimulai dari lingkungan rumah siswa.
Cara menjaga kebersihan lingkungan
  1. Kerja bakti membersihkan lingkungan.
  2. Membersihkan halaman dan telajakan/pematang/trotoar di sekitar rumah.
  3. Sampah yang dihasilkan rumah tangga selanjutnya kita pilah menjadi tiga, sampah organik, sampah non organik dan sampah botol atau pecah belah.
  4. Perlu juga diatur jadwal untuk kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan kantor, toko dan sekitar rumah.
  5. Hal yang tidak kalah penting  adalah menanam tanaman. Tanaman mempunyai banyak fungsi yaitu sebagai penyaring debu, penyimpan air tanah, penyejuk dan pendingin alami. Selain itu tanaman juga dapat dijadikan sebagai taman yang akan memberikan suasana asri dan indah lingkungan sekitar kita.Dengan adanya pohon yang rindang, taman yang asri, otomatis kita akan menjadi nyaman dan betah di rumah maupun di kantor dalam melaksanakan tugas sehari-hari.
Kegiatan pembersihan lingkungan:
  • Pembersihan Sampah
  • Pembersihan Jalan
  • Pembersihan Taman
  • Pembersihan Drainase
  • Pembersihan Trotoar dan Median Jalan
  • Pembersihan Pasar
  • Pembersihan dan Pemeliharaan Sarana dan Prasarana lain.
  • Pengolahan Sampah

Melalui langkah-langkah tersebut, siswa diharapkan dapat memahami pentingnya kebersihan lingkungan dalam mata pelajaran IPS di SD. Selain itu, siswa dapat ikut menjaga kebersihan lingkungan dimulai dari lingkungan. Begitu pula mereka akan menyadari bahwa menjaga kebersihan lingkungan memberikan dampak positif bagi kesehatan, keindahan lingkungan, dan keberlangsungan hidup yang lebih baik.

Related Post


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Various Other Posts