Sabtu, 09 September 2023

Kerja Sama Negara Anggota ASEAN

Tujuan kerja sama bidang sosial dan budaya antarnegara-negara ASEAN adalah 

agar tercipta kerukunan dan kemajuan bersama.

Kerja sama bidang sosial dan budaya ASEAN dilaksanakan oleh 

COSD (Comittee on Social Development).

Bentuk Kerja Sama Negara-Negara Anggota ASEAN Di Dalam Bidang Sosial Adalah Sebagai Berikut:

  • Meningkatkan kesejahteraan sosial dan pembangunan negara-negara ASEAN, misalnya perluasan kesempatan kerja, serta pembayaran (upah) yang wajar, membantu kaum wanita dan pemuda dalam usaha-usaha pembangunan, ASA (Association of Southeast Asia) untuk mendorong pembangunan kawasan di Asia Tenggara, ASEAN Ministers Meeting on Social Welfare and Development (AMMSDW). Kerja sama ASEAN di bidang sosial ini sangat mengutamakan kesejahteraan sosial salah satu bentuk kerja samanya adalah ASEAN Ministers Meeting on Social Welfare and Development (AMMSDW). Pertemuan ini merupakan pertemuan tingkat menteri.
  • Penanggulangan bencana, misalnya memberikan penanganan darurat ketika terjadi bencana tsunami di Indonesia, ASEAN Agreement on Disaster Management and Emergency Response (AADMER). Bencana alam memang sulit untuk diprediksi, sehingga dibutuhkan suatu pencegahan. Selain itu, setelah bencana alam terjadi juga dibutuhkan bantuan agar masyarakat bisa kembali melakukan aktivitas seperti biasa. Kerja sama ASEAN di bidang sosial ada yang namanya ASEAN Agreement on Disaster Management and Emergency Response (AADMER). Dengan kerja sama itu, setiap anggota ASEAN bisa saling membantu terutama pada saat bencana alam terjadi.
  • Meningkatkan kualitas sarana kesehatan negara-negara ASEAN, misalnya makanan dan obat-obatan dengan membangun dan memelihara lokasi produksi (dan pendistribusian) kebutuhan medis dan makanan, pengembangan dan perawatan sumber daya manusia sebagai objek tenaga yang melayani (tenaga kesehatan) dengan program peningkatan dan pemeliharaan institusi pendidikan di bidang kesehatan.
  • Meningkatkan perlindungan sosial kepada seluruh penduduk negara-negara ASEAN, misalnya ASEAN Ministerial Meeting on Rural Development and Poverty Eradication (AMMRDPE). Pada bentuk kerja sama ASEAN AMMRDPE merupakan pertemuan tingkat menteri antara anggota ASEAN yang membahas pembangunan pedesaan dan pengentasan kemiskinan, ASEAN Conference on Civil Service Matters (ACCSM). Bidang ekonomi akan selalu berkaitan dengan pegawai, sehingga untuk menyejahterakan pegeawai yang ada dalam lingkup ASEAN, maka dibentuklah konferensi ACCSM.

Bentuk Kerja Sama Negara-Negara Anggota ASEAN Di Dalam Bidang Budaya Adalah Sebagai Berikut:

  • Pertukaran budaya dan seni, misalnya festival film ASEAN Film dan Penghargaan Festival Internasional ASEAN (ASEAN Internastional Festival Film and Award). ASEAN juga memiliki penghargaan untuk film, sehingga film-film dari anggota ASEAN bisa dikenal oleh masyarakat ASEAN lainnya. Berkat adanya festival ini, maka perfilman pada negara-negara ASEAN bisa terus mengalami kemajuan.
  • Penandatanganan kesepakatan bersama di bidang pariwisata, misalnya ASEAN (ASEAN Tourism Agreement atau ATA).
  • Kerja sama di bidang olahraga, misalnya penyelenggaraan pesta olahraga dua tahun sekali (SEA Games).
  • Pekan Budaya ASEAN (ASEAN Cultural Week). Dengan adanya pekan budaya ASEAN, maka akan banyak sekali masyarakat ASEAN yang mengetahui kebudayaan dari setiap negara ASEAN. Kegiatan ini biasanya dilakukan secara bergantian oleh para anggota ASEAN dan biasanya dilakukan dalam beberapa hari atau minggu.
  • Pertunjukan Kesenian ASEAN (ASEAN Best Performing Arts). Pada pertunjukkan kesenian ASEAN ini, kita akan melihat berbagai macam kesenian yang dimiliki oleh setiap anggota ASEAN. Berkat adanya kegiatan ini, maka bisa dibilang kalau kesenian dari anggota ASEAN sedang dipromosikan ke masyarakat dunia.
  • Pameran Budaya ASEAN (ASEAN Cultural Show and Exhibition). Seperti dengan namanya, maka dalam acara ini akan ada banyak sekali kebudayaan ASEAN yang akan dipamerkan untuk diperkenalkan ke masyarakat dunia.

Bentuk Kerja Sama Negara-Negara Anggota ASEAN Di Dalam Bidang Pendidikan Adalah Sebagai Berikut:

  • Pertukaran pelajar. Program pertukaran pelajar dilakukan oleh para negara anggota ASEAN. Indonesia sendiri telah memiliki program pertukaran pelajar dengan Malaysia, Singapura, Kamboja, dan Laos. Tak hanya melakukan pertukaran pelajar, para pelajar pun diberi fasilitas beasiswa. Contohnya, ASEAN Scholarships for Indonesia dari Pemerintah Singapura.
  • Program magang. Indonesia memiliki program magang mahasiswa dengan Thailand. Salah satunya pernah terjadi untuk program magang mahasiswa dari Universitas Slamet Riyadi di Solo, Jawa Tengah.
  • Pengiriman tenaga pengajar. Indonesia dan Brunei Darussalam pernah menginisiasi program pengiriman tenaga pengajar dari Tanah Air. Selain itu, Indonesia dan Kamboja juga pernah mengadakan program pertukaran dosen untuk perguruan tinggi antar-kedua negara.
  • Pelatihan guru. Program pelatihan guru pernah didirikan oleh Indonesia dan Vietnam. Tak hanya melatih para guru, kedua negara juga saling berbagi soal materi belajar dan cara mengelola sekolah-sekolah di negara masing-masing.
  • Pembangunan fasilitas pendidikan. Indonesia pernah memfasilitasi berdirinya Madrasah Al Munawarah di Davao, Filipina. Selain itu, Indonesia juga membangun dua sekolah di Desa La Ma Chae dan Desa Thet Kay Pyia Ywar Ma di Myanmar.
  • Pendirian komunitas sosial. Para negara anggota ASEAN membentuk komunitas sosial bernama ASEAN Socio-Cultural Community (ASCC). 
  • Komunitas ini bergerak di bidang seni budaya, informasi, pendidikan, pengembangan desa, dan pengentasan kemiskinan. Komunitas ini memberikan kegiatan konkret berupa Kongres Pemuda ASEAN dan pertukaran pelajar serta budaya antarnegara.
  • Advokasi bagi anak-anak putus sekolah. Berdasarkan situs resmi ASEAN, organisasi ini juga memberikan advokasi untuk menjangkau anak-anak dan remaja yang putus sekolah. Selain itu, advokasi juga diberikan agar pemerintah di masing-masing negara fokus menyediakan sekolah yang aman dan tangguh untuk para pelajar.

Bibliography:

https://mediaindonesia.com/;Joan Imanuella Hanna Pangemanan
https://setnasasean.id/
https://stikesyarsi-pontianak.ac.id/;stikesyarsi
https://www.cnnindonesia.com/;Tim
https://www.gramedia.com/;Rosyda
https://www.kompas.com/;Arum Sutrisni Putri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar