Jumat, 25 Agustus 2023

Istilah Medikal 1

Aborsi : Tindakan mengakhiri kehamilan.

Akut : Akut merupakan istilah yang menggambarkan kondisi atau penyakit yang terjadi secara tiba-tiba. Biasanya terjadi dalam waktu singkat dan menunjukkan gangguan yang serius, serta membutuhkan penanganan secara cepat. Contoh penyakitnya seperti diare akut, glaukoma, atau leukimia akut.

Alergen : Alergen berkaitan dengan alergi. Alergen merupakan antigen (zat yang merangsang respon imun) yang bertanggung jawab untuk memroduksi reaksi alergi.

Amputasi : Hilang atau putusnya bagian tubuh, seperti jari, lengan, atau tungkai.

Diagnosa : Menentukan jenis penyakit dng cara meneliti atau memeriksa gejalanya

Diagnosis : Diagnosis adalah penentuan jenis penyakit yang diteliti melalui gejala yang terjadi. Kata ini umum digunakan dokter ketika melakukan pemeriksaan kesehatan seseorang.

Gula Darah : Gula darah merupakan keberadaan gula atau zat glukosa dalam darah. Kadar gula darah yang terlampau tinggi atau rendah bisa memberikan dampak negatif bagi tubuh. Salah satu penyakit yang berkaitan erat dengan gula darah adalah diabetes. Kadar normal gula darah dalam tubuh setiap orang berbeda sesuai dengan aktivitas yang dilakukan. Misalnya, gula darah normal sebelum makan adalah sekitar 70-130 mg/dL, dua jam setelah makan kurang dari 180 mg/dL. Sedangkan menjelang tidur berkisar 100-140 mg/dL.

Infeksi : Masuk dan berkembangnya agen infeksi ke dalam tubuh seseorang atau hewan.

Koma : Tingkatan paling dalam ketika seseorang tidak sadarkan diri.

Kronis : Melansir dari Harvard Medical School, kata ini memiliki arti berlangsung dalam waktu lama atau terus-menerus. Artinya, gambaran suatu penyakit atau kondisi yang terjadi dalam periode berulang, perlahan, dan makin serius. Contoh dari penyakit kronis seperti osteoporosis atau diabetes.

Opname : Proses perawatan medis oleh tenaga kesehatan profesonal.

Pingsan : Hilangnya kesadaran sementara yang terjadi secara tiba-tiba.

Radang : Respon dari suatu organisme terhadap patogen dan alterasi mekanis dalam jaringan, berupa rangkaian reaksi yang terjadi pada tempat jaringan yang mengalami cedera, seperti karena terbakar, atau terinfeksi.

Resep : Catatan dari dokter untuk apoteker mengenai obat pasien.

Skrining : Skrining merupakan bentuk deteksi dini untuk mengetahui apakah seseorang memiliki penyakit atau tidak. Tujuannya untuk segera mendapatkan penanganan medis bagi pengidap penyakit tertentu. Contohnya, skrining pemeriksaan tumor payudara.

Vaksin : Zat yang sengaja dibuat untuk merangsang pembentukan kekebalan tubuh dari penyakit tertentu.

Bibliography

https://www.halodoc.com/

https://www.brilio.net/

Harvard Medical School. Diakses pada 2020. Medical Dictionary Health Terms.

Select Health. Diakses pada 2020. 25 Important Medical Terms You Need to Know.

MSD Mannuals Consumer Version. Diakses pada 2020. Understanding Medical Terms.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar